Senin, 01 November 2010

The Secret - Rhonda Byrne




Saya mau berbagi cerita setelah membaca buku The Secret (terbit tahun 2006) karangan rhonda Byrne. Buku ini mengenai self-motivation berdasarkan proyek yang dilakukan oleh William Walker Atkinson. Isi buku ini sesuai dengan video dokumenter dengan judul dan pengarang yang sama. Inti dari buku tersebut adalah seorang individu yang fokus pada pikiran akan sesuatu hal, maka suatu saat pikiran tersebut akan menjadi kenyataan yang dapat mengubah kesejahteraan, kesehatan, kebahagiaan, dan lain sebagainya.

Buku ini mengungkap rahasia orang-orang sukses di masa lalu & sekarang melalui pikiran yang menjadi realita melalui hukum tarik-menarik (Law of Attraction). Menurut Rhonda, "Segala sesuatu yang datang ke dalam hidup Anda ditarik oleh Anda sendiri ke dalam hidup Anda. Dan segala sesuatu itu tertarik ke Anda oleh citra-citra yang Anda pelihara dalam benak. Oleh apa yang Anda pikirkan”. Akhirnya, citra-citra tersebut yang akan menjadi kenyataan dalam hidup. Artinya jika yang dipikirkan adalah citra negative di otak (sengaja/tidak sengaja) maka yang akan terjadi adalah kehidupan yg negative. Begitu juga sebaliknya (dan inilah rahasia orang sukses yg memasukkan sebanyak-banyaknya citra positif dlm dirinya) sehingga kehidupannya menjadi positif pula. Misalnya: Seseorang yang sedang sakit dan meminum obat pemberian dokter sehingga menjadi sembuh, dimana sebenarnya “obat” yang dia minum hanyalah berisi gula. Mungkin orang awam menyebut hal ini sebagai sugesti.

Dalam buku ini tidak ditemukannya campur tangan Tuhan. ‘Seolah-olah’ Rhonda ingin mengesampingkan-Nya serta merubahnya menjadi sesuatu yang disebut ‘Alam Semesta’. Hal tersebut bisa dimaklumi karena bagaimanapun sebuah karya tidak luput dari latar belakang pengarangnya. Jika pernah membaca buku-buku John C. Maxwell, Peter F Drucker, dll maka agan akan temuin banyak isi Kitab Nasrani. Buku-buku Mario Teguh walau tidak explisit mencantumkan ayat-ayat Quran tapi kental nuansanya. Begitu juga dengan pengarang yang berlatar belakang atheis seperti Rhonda. Pendapat pribadi, jika setelah agan membaca buku ini, khususnya bagi yang merasa "agama-nya kuat" apakah lebih menjadikan agan dekat dengan Tuhan? ataukah sebaliknya? Jika sebaliknya segera tinggalkan buku ini!

Ada tiga hal penting dalam buku tersebut agar kehidupan menjadi lebih baik:
  1. Niatin dengan sungguh-sungguh suatu hal yang positif. Dan fokus (bila perlu visualisasikan/bayangkan) terhadap apa yang kita impikan di masa depan kita. Termasuk di dalamnya berdoa dan berusaha.
  2. Serahkan pada ‘Alam Semesta’, dalam hal ini Tuhan apabila kita beragama dengan terus positive thinking.
  3. Terimalah hasilnya!

Buku ini bagus bagi pengembangan diri agar kita senantiasa bisa berhenti meratapi diri & menjadi optimis menatap masa depan. Semua hanya karena ALLAH SWT yang MAHA MEWUJUDKAN.

Sumber: kaskuser

Tidak ada komentar:

Posting Komentar